• SMK NEGERI 1 BAURENO
  • SIAP UNGGUL

PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANNYA

Salah satu pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Baureno adalah dilakukannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pelaksanaan kegiatan P5 ini menggunakan 156 jam pelajaran dan diselengarakan secara blok. Tema yang dipilih pada pelaksanaan P5 adalah “Bangunlah Jiwa dan Raganya,” . Nilai karakter yang diharapkan dapat berkembang  antara lain berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Gotong royong, Mandiri, dan Kreatif.

Kegiatan diawali dari pembentukan tim pelaksana P5 tingkat sekolah, antara lain terdiri dari

Penanggungjawab : Kepala Sekolah 

TIM FASILITATOR

  1. DIDIK BUDI PRAYOGA.S.Pd
  2. YOHANA FIRMANIA,S.Pd.MM
  3. MANSUR.S.Pd
  4. AMIN MUSTOFA.S.Pd

Langkah pelaksanaan p5 yaitu

  • Pembentukan tim fasilitator P5
  • Tim fasilitator sosialisasi ke ka.konsli
  • Tim fasilitator sosialisasi ke siswa tentang pelaksanaan P5
  • Tim fasilitator sosialisasi ke seluruh tenaga pendidik

Link modul ajar https://anyflip.com/gpinm/mahe/

Link materi p5 https://anyflip.com/gpinm/hlqc/

Link twibonz https://twb.nz/smkn1baurenokumer

Proyek penguatan profil pelajar Pancasila diSMKN 1 BAURENO mengembangkan dimensi

  1. Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia

Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.

  1. Mandiri

Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.

  1. Kreatif

Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.

Pendamping P5. Selanjutnya tim bertugas dalam mendesain pelaksanaan kegiatan P5, mensosialisasikan rencana pelaksanaan kegiatan, melaksanaan kegiatan P5, mengevaluasi, dan melaporkan kegiatan secara berjenjang. Teknis dari pelaksanaan P5 dimulai dari pembentukan tim fasilitator P5. Seluruh guru terlibat dalam pelaksanaan P5 ini. Setiap kelas memiliki 1 guru fasilitator dan siswa terbagi menjadi 5/4 kelompok dengan pendamping 2 guru untuk tiap kelas. 

Berdasarkan tema yang dipilih yaitu Bangunlah Jiwa dan Raganya, materi yang diberikan pada siswa tertuang dalam sebuah juknis serta jurnal kegiatan P5. Beberapa konsep materi yang diberikan misalnya siswa diajak untuk lebih memahami Profil Pelajar Pancasila, Mengenali Diri serta Pembelajaran Sosial Emosional. Diharapkan siswa akan lebih memahami dan dapat mengaplikasikan bagaimana profil pelajar Pancasila bagi diri masing-masing. Dengan mengenali diri dan lingkungannya, serta pembelajaran sosial emosional, siswa diharapkan memiliki karakter yang lebih mandiri, mengenal potensi, bakat minat yang dimiliki serta bagaimana mewujudkan secara positif. Siswa diharapkan mampu membiasakan budaya positif seperti menghargai diri dan orang lain, berperilaku baik, memiliki rasa peduli dan empati pada orang lain dan lingkungannya. Sehingga akan tercipta lingkungan belajar yang nyaman bagi seluruh siswa.

Selanjutnya siswa diajak memahami pentingnya sarapan pagi, manfaat sarapan pagi, 

Pada akhirnya dilaksanakan kegiatan Gelar Karya Produk P5 oleh siswa. Yang DIawali  Kegiatan berupa pameran hasil karya seluruh siswa tiap kelas. Produk yang dipamerkan antara lain poster tentang Seruan Ajakan Pentingnya Sarapan Pagi, 

Terbukti pelaksanaan gelar karya P5 di SMKn 1Baureno dapat dilaksanakan secara sederhana namun penuh makna, karena menunjukan hasil pembelajaran diferensiasinya siswa dan terlihat semua adalah karya murni dari siswa. Karya yang disajikan menunjukan munculnya karakter siswa yang mandiri, kreatif dan gotong royong.

Link Twibbon P5 https://twb.nz/smkn1baurenokumer

 



Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
GELAR KARYA P5 BANGUNLAH JIWA DAN RAGANNYA

Kamis, 01 Desember 2022 07:00 – 14:30 Gelar Karya dalam P5 merupakan rangkain puncak kegiatan dari Kurikulum Merdeka. Gelar karya diawali sambutan Kepala SMKN 1 BAURENO. yang pad

08/12/2022 09:20 - Oleh Rizky Trio Hendriawan, S.Kom - Dilihat 1866 kali
PELANTIKAN BANTARA DAN LAKSANA SMKN 1 BAURENO

PENEGAK BANTARA adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelumPenegak Laksana.   ARTI TANDA PENEGAK BANTARA: Warna hijau melambangkan

26/09/2022 20:24 - Oleh Administrator - Dilihat 953 kali
Peringatan HUT RI Ke-77 Dharma Wanita Persatuan SMK N 1 Baureno, Gelar Lomba Memasak Nasi Goreng Konvensional

Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMK N 1 Baureno mengadakan lomba memasak "Nasi Goreng Konvensional" untuk memeriahkan Peringatan HUT RI ke-77, Rabu (17/08/2022).   Lomba memasak dime

19/08/2022 19:51 - Oleh Administrator - Dilihat 747 kali
Pergantian Website Sekolah

Alhamdulillah Sebagai Rasa syukur kami panjatkan dengan mulai menggunakan website terbaru dari smkn baureno yang lebih simple ... semoga semakin baik dan slalu berbenah menjadi lebih ba

21/10/2021 12:36 - Oleh Administrator - Dilihat 702 kali
PELAKSANAAN UPACARA BENDERA 17 AGUSTUS 2022 DI SMKN 1 BAURENO

Kemarin, 17 Agustus 2022 Indonesia telah memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI 2022 adalah Pulih Lebih Cepat, Bang

21/10/2021 12:36 - Oleh Administrator - Dilihat 641 kali