PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TEMA BANGUNLAH JIWA DAN RAGANNYA
Salah satu pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka di SMK Negeri 1 Baureno adalah dilakukannya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Pelaksanaan kegiatan P5 ini menggunakan 156 jam pelajaran dan diselengarakan secara blok. Tema yang dipilih pada pelaksanaan P5 adalah “Bangunlah Jiwa dan Raganya,” . Nilai karakter yang diharapkan dapat berkembang antara lain berakhlak mulia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Gotong royong, Mandiri, dan Kreatif.
Kegiatan diawali dari pembentukan tim pelaksana P5 tingkat sekolah, antara lain terdiri dari
Penanggungjawab : Kepala Sekolah
TIM FASILITATOR
- DIDIK BUDI PRAYOGA.S.Pd
- YOHANA FIRMANIA,S.Pd.MM
- MANSUR.S.Pd
- AMIN MUSTOFA.S.Pd
Langkah pelaksanaan p5 yaitu
- Pembentukan tim fasilitator P5
- Tim fasilitator sosialisasi ke ka.konsli
- Tim fasilitator sosialisasi ke siswa tentang pelaksanaan P5
- Tim fasilitator sosialisasi ke seluruh tenaga pendidik
Link modul ajar https://anyflip.com/gpinm/mahe/
Link materi p5 https://anyflip.com/gpinm/hlqc/
Link twibonz https://twb.nz/smkn1baurenokumer
Proyek penguatan profil pelajar Pancasila diSMKN 1 BAURENO mengembangkan dimensi
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia
Pelajar Indonesia yang beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia adalah pelajar yang berakhlak dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ia memahami ajaran agama dan kepercayaannya serta menerapkan pemahaman tersebut dalam kehidupannya sehari-hari. Ada lima elemen kunci beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia: (a) akhlak beragama; (b) akhlak pribadi; (c) akhlak kepada manusia; (d) akhlak kepada alam; dan (e) akhlak bernegara.
- Mandiri
Pelajar Indonesia merupakan pelajar mandiri, yaitu pelajar yang bertanggung jawab atas proses dan hasil belajarnya. Elemen kunci dari mandiri terdiri dari kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi serta regulasi diri.
- Kreatif
Pelajar yang kreatif mampu memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak. Elemen kunci dari kreatif terdiri dari menghasilkan gagasan yang orisinal serta menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal.
Pendamping P5. Selanjutnya tim bertugas dalam mendesain pelaksanaan kegiatan P5, mensosialisasikan rencana pelaksanaan kegiatan, melaksanaan kegiatan P5, mengevaluasi, dan melaporkan kegiatan secara berjenjang. Teknis dari pelaksanaan P5 dimulai dari pembentukan tim fasilitator P5. Seluruh guru terlibat dalam pelaksanaan P5 ini. Setiap kelas memiliki 1 guru fasilitator dan siswa terbagi menjadi 5/4 kelompok dengan pendamping 2 guru untuk tiap kelas.
Berdasarkan tema yang dipilih yaitu Bangunlah Jiwa dan Raganya, materi yang diberikan pada siswa tertuang dalam sebuah juknis serta jurnal kegiatan P5. Beberapa konsep materi yang diberikan misalnya siswa diajak untuk lebih memahami Profil Pelajar Pancasila, Mengenali Diri serta Pembelajaran Sosial Emosional. Diharapkan siswa akan lebih memahami dan dapat mengaplikasikan bagaimana profil pelajar Pancasila bagi diri masing-masing. Dengan mengenali diri dan lingkungannya, serta pembelajaran sosial emosional, siswa diharapkan memiliki karakter yang lebih mandiri, mengenal potensi, bakat minat yang dimiliki serta bagaimana mewujudkan secara positif. Siswa diharapkan mampu membiasakan budaya positif seperti menghargai diri dan orang lain, berperilaku baik, memiliki rasa peduli dan empati pada orang lain dan lingkungannya. Sehingga akan tercipta lingkungan belajar yang nyaman bagi seluruh siswa.
Selanjutnya siswa diajak memahami pentingnya sarapan pagi, manfaat sarapan pagi,
Pada akhirnya dilaksanakan kegiatan Gelar Karya Produk P5 oleh siswa. Yang DIawali Kegiatan berupa pameran hasil karya seluruh siswa tiap kelas. Produk yang dipamerkan antara lain poster tentang Seruan Ajakan Pentingnya Sarapan Pagi,
Terbukti pelaksanaan gelar karya P5 di SMKn 1Baureno dapat dilaksanakan secara sederhana namun penuh makna, karena menunjukan hasil pembelajaran diferensiasinya siswa dan terlihat semua adalah karya murni dari siswa. Karya yang disajikan menunjukan munculnya karakter siswa yang mandiri, kreatif dan gotong royong.
Link Twibbon P5 https://twb.nz/smkn1baurenokumer
Komentar
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH (PKKS) TAHUN 2024
4/12/2024, Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)PKKS atau penilaian kinerja kepala sekolah yang dilaksanakan di SMK Negeri 1 Baureno merupakan kegiatan dalam dunia pendidikan yang ber
PERINGATAN HARI GURU NASIONAL (HGN) DI SMK NEGERI 1 BAURENO
24/11/2023,Baureno rayakan Hari Guru Nasional dengan terus belajar, berkarya, dan berbagi inspirasi kepada para pendidik se-Indonesia dalam rangka menggerakkan ekosistem pendidikan yang
PENILAIN KINERJA KEPALA SEKOLAH (PKKS) TAHUN 2023
13/11/2023, Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)PKKS atau penilaian kinerja kepala sekolah yang dilaksanakan di Sekolah SMKN 1 Baureno merupakan bagian sistem dalam dunia pendidikan
PELANTIKAN & PENGUKUHAN PRAMUKA PENEGAK AMBALAN ARJUNA DAN SRIKANDI (Ambalan Arjuna/Srikandi)
PELANTIKAN & PENGUKUHAN PRAMUKA PENEGAK (Ambalan Arjuna/Srikandi)GUGUS DEPAN BOJONEGORO 07.175/07.76PANGKALAN SMK N 1 BAURENO Minggu, 19 November 2023 Pelantikan & Pengukuhan
PENGUATAN IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MELALUI PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM)
9/11/2023, SMK Negeri 1 Baureno merupakan salah satu Lembaga Pendidikan Menengah Kejuruan di Kota Bojonegoro, Jawa Timur yang menyelenggarakan Platform Merdeka Menga
Hacked By FAKEACCOUNTCANTIK